VISI DAN MISI

 

 

 

Untuk meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit, terutama dalam rangka memberikan motivasi kepada petugas yang melaksanakan pelayanan sudah tentu diperlukan Visi dan Misi untuk RSUD Kota Dumai sesuai dengan Peraturan Walikota Dumai No 46 Tahun 2009

A.VISI RUMAH SAKIT

 

MENJADI RUMAH SAKIT TERUNGGUL DI PANTAI TIMUR SUMATERA YANG MODERN  DENGAN NUANSA MELAYU”

Dengan pemahaman sebagai berikut :

  1. Terunggul di Pantai Timur Sumatera                                                                                                                                      Pantai Timur Sumatera yang terdiri dari Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai sendiri merupakan coverage area dari RSUD Kota Dumai. Meskipun kedua kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Dumai ini telah memiliki rumah sakit dengan kelas yang sama dengan RSUD Kota Dumai, namun sampai dengan saat ini RSUD Kota Dumai masih menjadi sentra rujukan dari dua kabupaten tersebut. Memandang potensi daerah yang dimiliki oleh kedua kabupaten tersebut sangat memungkinkan untuk membangun rumah sakit yang jauh lebih lengkap namun diharapkan sampai dengan masa yang akan datang, RSUD Kota Dumai tetap menjadi yang terunggul dibandingkan rumah sakit yang ada di kedua kabupaten tersebut.
  1. Modern

Konsekwensi sebagai rumah sakit yang terletak didaerah perbatasan maka RSUD Kota Dumai mempunyai saingan jauh yaitu rumah sakit-rumah sakit dinegara tetangga

(Malaka) yang terkenal dengan pelayanannya yang lebih modern. Dengan memberi kesan modern pada RSUD Kota Dumai diharapkan dapat.

mengurangi jumlah masyarakat Kota Dumai yang berobat ke negeri tetangga tersebut.

 

  1. Nuansa Melayu

Budaya Melayu merupakan budaya tempatan dan menjadi jati diri Kota Dumai. Akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Dumai untuk memiliki sebuah rumah sakit dengan nuansa melayu mulai dari tata-krama pelayanan sampai kepada corak bangunan dan ruangan.

B. MISI RUMAH SAKIT

Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Kota Dumai tersebut, berdasarkan komitmen pembangunan jangka panjang Kota Dumai, ditetapkanlah misi sebagai berikut :

Misi

Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) yang

berdaya saing“

maka telah ditetapkan 4 (empat) Misi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai, yaitu :

Misi  I     :    Menerapkan sendi-sendi pelayanan prima

Pelayanan adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan/ mengurus apa yang diperlukan orang lain. Pelayanan kesehatan prima dapat diartikan sebagai pelayanan kesehatan yang bermutu dan berorientasi kepada pelanggan (customer oriented).

Misi II     :    Meningkatkan profesionalitas sumber daya manusia

Untuk dapat memberikan pelayanan yang profesional dibutuhkan sumberdaya yang profesional pada semua lini. Peningkatan profesionalitas sumber daya     manusia dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan baik yang bersifat formal maupun non formal.

Misi III    :  Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana pelayanan

Pesatnya perkembangan teknologi kesehatan memaksa institusi pemberi pelayanan kesehatan harus mampu mengikuti perkembangan tersebut agar

 

tetap unggul dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Disamping terus meningkatkan sarana dan prasana pelayanan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pelayanan yang telah adapun terus dikembangkan dengan memberikan nilai tambah terhadap pelayanan yang telah ada tersebut.

 

Misi IV   :          Memantapkan fungsi manajerial yang akuntabel dan transparan, berbasis teknologi informasi.

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks. Untuk itu dibutuhkan manajemen yang tangguh, transparan dan akuntabel agar fungsi manajerial dan pelayanan kesehatan dapat terselenggara secara efektif dan efisien. Untuk menciptakan manajemen yang based evidence perlu penerapan teknologi informasi mulai dari lini bawah sampai dengan yang teratas.

ChatClick here to chat!+
themekiller.com